UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP - DASAR PEMROGRAMAN I KAMPUS MILENIAL ITBI

NAMA        : BUNGA LESTARI

JURUSAN   : SISTEM INFORMASI S1

KELAS        : EKSEKUTIF

 

 

1. Apa yang dimaksud dengan program komputer dan progammer komputer?

Jawaban :

Program computer atau sering kali disingkat sebagai program adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer. Komputer pada dasarnya membutuhkan keberadaan program agar bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer, biasanya hal ini dilakukan dengan cara mengeksekusi serangkaian instruksi program tersebut pada prosesor. 

Programmer computer merupakan profesi yang diminati oleh kalangan muda saat ini.Di samping itu, profesi ini dianggap mempunyai prospek masa depan Programmer adalah sebuah jenis profesi atau pekerjaan yang bertujuan untuk membuat sebuah sistem menggunakan bahasa pemrograman. Seseorang yang memiliki skill menulis kode program (syntax) dan merancang sistem, bisa juga disebut programmer. Kode atau bahasa program yang dimaksud seperti Java, Python, Javascript, PHP, dll.

 

2. Apa yang dimaksud dengan algoritma ?

Jawaban :

Algoritma adalah suatu urutan atau alur yang dipakai dalam perhitungan atau pemecahan masalah secara sistematis, dan dalam aktivitas pemrograman algoritma seringkali dianggap sebagai logika dalam penentuan program yang akan dibuat. Pendapat lain mengatakan definisi algoritma adalah proses atau serangkaian aturan yang harus diikuti dalam perhitungan atau operasi pemecahan masalah lainnya, terutama oleh komputer. Dengan kata lain, semua susunan logis yang diurutkan berdasarkan sistematika tertentu dan digunakan untuk memecahkan suatu masalah dapat disebut dengan algoritma.

 

3. Sebutkan contoh sebuah algoritma !

Jawaban :

Mengambil Uang UMKM di Bank BRI

1.      Mulai

2.      Datang ke Bank BRI

3.      Membawa persyaratan

-          Surat Perizinan Usaha,

-          Fotocopy KK,

-          Fotocopy KTP,

-          Buku Tabungan BRI

-          Dimasukkan kedalam Map berwarna merah

4.      Mengambil nomor antrian

5.      Menunggu pemanggilan dari CS

6.      Mengeprint buku tabungan

7.      Menerima Uang Tunai

8.      Keluar dari Bank BRI

9.      Selesai

 

4. Apa syarat-syarat sebuah algoritma ?

Jawaban :

1. Finiteness (terbatas)
Algoritma yang baik itu harus ada akhir atau berhenti setelah selesai menjalankan instruksi.
Misalnya saat kita sedang berkendara motor dan telah sampai tujuan maka kita harus berhenti jangan jalan terus.

2. Defineteness (Pasti , Jelas)
Setiap langkah algoritma harus didefinisikan dengan tepat dan jelas, Sehingga tidak menimbulkan makna ganda (ambiguos) .
Contoh pernyataan tidak tepat :
Lakukan langkah di bawah ini beberapa kali.
Pernyataan tersebut membingungkan karena tidak ada yang membatasi berapa banyak perintah itu harus dilakukan.
Lebih tepat :
Lakukan langkah di bawah ini sebanyak 10 kali.

3. Input (Masukan)
Algoritma yang baik harus memiliki masukan data untuk diolah/diproses.
Masukan data adalah besaran atau nilai yang diberikan kepada algoritma. Masukan biasanya di awal penulisan.
Sebagai contoh Untuk menghitung luas segitiga kita membutuhkan masukan berupa nilai alas, nilai tinggi, sehingga luas dapat dihitung.

4. Output (keluaran)
Algoritma yang baik adalah algoritma yang menghasilkan keluaran yang merupakan hasil dari pengolahan data masukan. Misalnya setelah kita memasukan nilai alas dan tinggi maka kita bisa mendapat output berupa luas segitiga.

5. Effectiveness (Efektif, efisien, hemat waktu)
Algoritma yang baik adalah algoritma yang mempunyai langkah - langkah yang efektif yaitu algoritma yang paling sederhana , sehingga dapat di kerjakan dalam waktu yang cukup wajar.

 

5. Bagaimana macam-macam penyajian algoritma ?

Jawaban :

Ada 2 macam bentuk penyajian algoritma:

1.Pseudocode

Penyajian algoritma dalam bentuk tulisan biasanya menggunakan metode English / Indonesia structure dan psedocode . English/Indonesia Structure merupakan alat yang cukup effisien untuk menggambarkan suatu algoritma. Sedangkan Pseudocode berarti kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya. Pseudocode lebih rinci dari English/Indonesia Structure.

Contoh struktur English/Indonesia

Baca data jam_kerja

Hitung gaji adalah jam_kerja dikalikan tarif

Tampilkan gaji

Contoh Pseudocode dengan Pascal :

Read jam_kerja

Gaji := jam_kerja * tarif

Write gaji

2. Flowchart

Bagan alir (flowchart) adalah suatu bagan yang menggambarkan arus logika dari data yang akan diproses dalam suatu program dari awal sampai akhir . Jenis-jenis flowchart adalah sebagai berikut:

Program Flowchart

Simbol – simbol yang menggambarkan proses secara rinci dan detail antara instruksi yang satu dengan iunstruksi yang lainnya di dalam suatu program komputer yang bersifat logik (software).

Sistem Flowchart

Simbol – simbol yang menggambarkan urutan prosedur secar detail di dalam suatu sistem komputerisasi dan bersifat fisik (hardware).

 

6. Apa itu kompilator (compiler) ? Berikan contoh kompilator Bahasa C !

Jawaban :

Compiler adalah suatu program yang menerjemahkan bahasa program ( source code) kedalam bahasa objek (obyek code). Compiler menggabungkan keseluruhan bahasa program, mengumpulkannya dan kemudian menyusunnya kembali. Komplier memerlukan waktu untuk membuat suatu program dapat di eksekusi oleh computer, program yang dieksekusi oleh compiler adalah dapat berjalan lebih cepat disbanding program yang diperoduksi oleh interpreter, disamping itu juga bersifat independen.

Contoh Bahasa C, yaitu :

-         GCC (GNU C Compiler),

-          Min,

-         GW,

-         Clang,

-         Icc,

-         LuxCC,

-         Tiny C Compiler,

-         Borland Turbo C,

-         VBCC,

-         XL C,

-         Small-C.

 

7. Jelaskan proses kompilasi Bahasa C menjadi program eksekusi !

Jawaban :

Diberikan sebuah kode program sebagai berikut:

1 #include <stdio.h>
2
3 int main()
4 {
5 printf(“hello, world\n”);
6 }
 
1. untuk dapat dijalankan di dalam sebuah mesin, program dalam bahasa C perlu diterjemahkan ke dalam bahasa yang tingkatnya lebih rendah/sederhana yaitu urutan instruksi bahasa mesin.

2. bahasa program (C) tersebut akan diproses terlebih dahulu dan dibentuk menjadi paket yang disimpan dalam file biner.

3. proses tersebut dibagi menjadi 4 tahap yaitu : presprosessor, compiler, assembler, dan linker, sepertin yang ditunjukkan dibawah ini


penjelasan singkat mengenai proses tersebut adalah sbb:

1. tahap preprosessor : membaca preprosessor yang ada di dalam program (#include <stdio.h>) dan memasukkan semua data yang terdapat dalam preprosessor kedalam kode program. hello.c disini kemudian menjadi hello.i

2. tahap compiler: mengubah kode program hasil modifikasi dengan preprosessor menjadi kode dalam bahasa assembly. hello.i menjadi hello.s

3. tahap assembler : mengubah kode bahasa assembly ke dalam kode biner (kode bahasa mesin). bentuknya berupa binary object program yang memiliki ekstensi .o .hello.s menjadi hello.o

4. tahap linking : menggabungkan hello.o dengan fungsi printf pada library C. hasilnya berupa file eksekusi yang siap disimpan di memory mesin atau dieksekusi oleh mesin.

 

8. Apa itu variabel dan tipe data dalam Bahasa C ?

Jawaban :

Variabel adalah ‘penanda’ identitas yang digunakan untuk menampung suatu nilai. Nilai tersebut dapat diubah sepanjang kode program. Secara teknis, variabel merujuk kepada suatu alamat di memory komputer. Setiap variabel memiliki nama yang sebagai identitas untuk variabel tersebut.

Tipe Data pada Bahasa C

“Tipe data atau kadang disingkat dengan ‘tipe’ saja adalah sebuah pengelompokan data untuk memberitahu compiler atau interpreter bagaimana programmer ingin mengolah data tersebut”.

Ada delapan jenis tipe data pada C:

1.     Char

2.     Integer

3.     Float

4.     Array

5.     Structure

6.     Pointer

7.     Enum

8.     Void

Tipe Data Dasar pada C

Sesuai namanya, tipe data dasar adalah tipe data yang paling dasar dalam bahasa pemrograman C.

Tipe data dasar terdiri dari:

1.     Char: adalah tipe data yang berisi 1 huruf atau 1 karakter;

2.     Integer: adalah tipe data yang berupa angka;

3.     Float: adalah tipe data yang berupa bilangan pecahan

4.     Double: adalah tipe data sama seperti float, namun double memiliki ukuran penyimpanan yang lebih besar dibandingkan float.

 

9. Buat contoh sebuah flowchart program yang kamu ketahui !

Jawaban :

 

10. Buat sebuah program sederhana yang menerima masukan (input) biodata pribadi !

Jawaban :

 

 

 

 

 

 

 


 

Komentar